Friday, June 29, 2007

Balikpapan: An Overview

Sudah lebih dari 1,5 tahun saya dan keluarga tinggal di Balikpapan (saya nggak pake istilah menetap karena memang nggak ada keinginan untuk itu. Ini hanya karena tuntutan pekerjaan saja...:-p )
Sudah cukup referensi saya kira, untuk memahami kota ini serta warganya, ataupun perilaku masyarakat sini dalam menyikapi hidup mereka. Karena sebentar lagi mau mutasi (lagi, kali ini ke Tarakan), saya pingin mendokumentasikan pengalaman selama di Balikpapan.
Berikut ini ada beberapa fakta terungkap yang perlu anda ketahui tentang Balikpapan (terlebih jika anda akan tinggal di sini) :
1. Kotanya cukup bersih dan tingkat kriminalitas rendah.
2. Biaya hidup lebih tinggi dibandingkan di Jawa, bahkan untuk menyederhanakan penjelasan tentang Balikpapan, saya sering bilang sama orang Jawa yang tanya tentang biaya hidup di sini," Gampang aja. Tinggal kalikan dua aja harga di sana. Misalnya makan bakso di Jawa 5000 rupiah, disini ya 10 ribu."
3. Listrik dan air jadi masalah besar, dalam arti tidak mampu mengimbangi laju pertambahan penduduknya. Kalo listrik dalam seminggu bisa mati 3 kali @ 12 jam, air kalo mati bisa berhari-hari. Pernah kejadian terpaksa mandi di kantor karena air di kontrakan sudah nggak ngalir lagi. Solusinya, banyak yang buat tandon untuk menampung air hujan. Dulu saya pernah gatel-gatel karena mandi pake air hujan, tapi lama-lama kebal juga :-)
4. Biaya sewa rumah sangat tinggi menurut saya. Ini dipicu harga perumahan yang mahal ( untuk yang 20 km dari kota sih memang murah...)
5. Masyarakatnya heterogen, mulai dari suku Jawa, Bugis, Batak dll semua ada. Mereka ini ada blok-bloknya, misalnya orang Jawa dari Madiun di Daerah strat 1, orang Bugis banyak di Pasar Baru.
6. Tempat wisata? Paling ke Mall Balikpapan, Mall Fantasy, Rapak Plaza. Lha kok tempat shopping aja? karena itu yang sering dikunjungi orang-orang sini. Tempat wisatanya sedikit. Paling saya ke Pantai sama anak-anak. Ada Pantai Manggar atau Lamaru. Juga kalo mau lihat buaya, ada penangkaran buaya di Teritip.Kalo mau lihat beruang madu (maskot kota ini), ada juga.
Untuk yang lain-lain next time, kalo pingin nambahain lagi. Happy life in Balikpapan!

No comments:

Template Designed by Douglas Bowman - Updated to New Blogger by: Blogger Team
Modified for 3-Column Layout by Web Links and Articles Directory