Saturday, October 20, 2007

Fadhilah (keutamaan) Zikir

§          Dengan melakukan zikrullah akan diperoleh maghfirah (ampunan) Allah swt (QS al-Ahzab: 35)

§          Memperoleh segala kebajikan dari sisi Allah swt, "Maukah kamu aku tunjukkan amal paling baik, lebih bersih/suci di sisi Tuhanmu, lebih baik dari bersedekah dengan emas dan perang, lebih utama dari berperang melawan musuh Allah ? Tanya Nabi kepada para shahabat, ,mereka serentak menjawab: Mau !! Itulah Zikrullah, kata Nabi saw (HR Tirmizi dan Ibnu Majah).

§          Memudahkan pengamalan ajaran Islam secara utuh. Seorang lelaki datang kepada Rasulullah seraya bertanya: Ya Rasulullah, ajaran Islam telah melimpah banyak, beritahukan kepadaku sesuatu yang dapat (memudahkanku) mengamalkan ajaran Islam tersebut. Nabi menjawab: Basahilah selalu lidahmu dengan zikrullah (HR Tirmizi dan Ibnu Majah).

§          Memperoleh taufik, inayah dan kesertaan Allah swt, seperti yang tercantum dalam hadits Qudsi "Nabi saw bersabda: Allah swt berfirman: "Aku ada pada sangkaan (baik) hambaKu, Aku besertanya jika ia mengingatku (zikrullah), jika ia berzikir kepadaKu dalam dirinya, niscaya Aku mengingatnya dalam DzatKu, jika ia mengingatKu dalam keramaian, Aku akan mengingatnya dalam hal yang lebih baik lagi, jika ia mendekat kepadaKu sejengkal, Aku akan mendekat kepadanya sehasta, jika ia mendekat kepadaKu sehasta, niscaya Aku mendekat sedepak, jika ia datang kepadaKu berjalan kaki, niscaya Aku datang dengan berlari kecil (HR Bukhari Muslim).

§          Memperoleh keberkahan dari Allah swt, Suatu saat Rasulullah datang menemui para Shahabatnya yang sedang berkumpul, seraya bertanya? Apa yang sedang kalian lakukan disini ? "Kami berkumpul dalam rangka berzikir, bertahmid" , Nabi bertanya kembali "Apa benar kalian berkumpul untuk hal itu ? Mereka menjawab: Benar, wahai Rasulullah, kami berkumpula hanya untuk itu. Sabda Nabi saw: Aku tidak minta sumpah dari kalian lantaran sebuah tuduhan, tetapi telah datang kepadaku Jibril memberitahukan bahwa Allah swt berbangga dengan kalian kepada para malaikatNya" HR Muslim).

1 comment:

Maseriyan said...

Trimakasih atas wacananya.Semoga esok lebih bnyk sabda rosul yg di tampilkan.Tolong sisip kan macam2 zikir dan brapa kali harus di ucapkan.Terima kasih

Template Designed by Douglas Bowman - Updated to New Blogger by: Blogger Team
Modified for 3-Column Layout by Web Links and Articles Directory